Al-Farabi. Karya Filsafat

Karya Filsafat Al-Farabi
Al-Farabi
Pengaruh Yunani tampak jelas dalam karya Al-Farabi yang bermuara pada logika, filsafat bahasa dalam mengomentari atas karya Aristoteles, Organon. Al-Farabi memiliki keahlian dalam banyak bidang keilmuan, seperti ilmu bahasa, matematika, kimia, astronomi, kemiliteran, musik, ilmu alam, ketuhanan, fiqh, dan manthiq. Oleh karena itu, banyak karya yang ditinggalkan oleh Al-Farabi, tetapi tidak seperti Ibnu Sina, karya-karya tersebut tidak banyak diketahui. Hal ini dikarenakan karya-karya Al-Farabi hanya berbentuk risalah-risalah (karangan pendek) dan sedikit sekali yang berupa buku besar yang mendalam pembicaraannya. Kebanyakan karyanya hilang, dan yang masih dapat dibaca dan dipublikasikan, baik yang sampai kepada kita maupun yang tidak, sekitar 30 judul saja, di antaranya adalah:
1. Al-Jam’u Baina Ra’yay Al-Hakimain Aflathun wa Aristhu
2. Tahqiq Ghardh Aristhu Fi Kitab Ma Ba’da Al-Thabi’ah
3. Syarah Risalah Zainun Al-Kabir Al-Yunani
4. At-Ta’liqat
5. Risalah Fima Yajibu Ma’rifat Qabla Ta’allumi Al-Falsafah
6. Kitab Tahshil Al-Sa’adah
7. Risalah Fi Itsbat Al-Mufaraqah
8. ‘Uyun Al-Masa’il
9. Ara’ Ahl Al-Madinah Al-Fadhilah
10. Ihsa Al-Ulum wa Al-Ta’rif Bi Aghradita
11. Maqalat Fi Ma’ani Al-Aql
12. Fushul Al-Hukm
13. Risalat Al-Aql
14. Al-Siyasah Al-Madaniyah
15. Al-Masa’il Al-Falsafiyah wa Al-Ajwibah Anha

Kitab-kitab di atas, dengan berbagai macam objek kajian yang ditulis oleh Al-Farabi, membuktikan bahwa Al-Farabi adalah sosok filsuf, ilmuwan, dan cendekiawan kaliber dunia yang ilmunya sangat luas dan dalam. Massignon, ahli ketimuran Prancis, menganggap Al-Farabi sebagai filsuf Islam pertama. Sebelum Al-Farabi, memang Al-Kindi telah membukan pintu filsafat Yunani bagi dunia Islam, tetapi ia tidak menciptakan sistem filsafat tertentu dan persoalan yang dibicarakannya belum memperoleh pemecahan yang memuaskan. Sebaliknya, Al-Farabi dapat menciptakan suatu sistem filsafat yang lengkap, seperti peranan yang dimiliki Plotinus bagi dunia Barat.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Hasan, Mustofa. 2015. Sejarah Filsafat Islam; Genealogi dan Transmisi Filsafat Timur ke Barat. Pustaka Setia. Bandung
 

Download

Baca Juga
1. Al-Farabi. Riwayat Hidup
2. Al-Farabi. Pemikiran Filsafat 
3. Al-Farabi. Metafisika
4. Al-Farabi. Filsafat Kenegaraan
5. Al-Farabi. Filsafat Praktis
6. Al-Farabi. Logika dan Filsafat Bahasa
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Al-Farabi. Karya Filsafat"