Ar-Razi. Karya Filsafat

Karya Filsafat Ar-Razi
Ar-Razi
Karena ketekunan dan kesungguhannya sangat luar biasa, Ar-Razi pernah menulis dalam setahun lebih dari 20.000 lembar kertas. Menurut Ibn Al-Nadim, bukunya berjumlah 118 buku, 19 surat, 4 buku, 6 surat, dan satu maqalah, jumlah seluruhnya 148 buah. Ibn Abi Usaibi’ah menyebutkan 236 karyanya, tetapi beberapa di antaranya pengarangnya tidak jelas.

Menurut Al-Biruni, sekitar dua puluh satu karya Ar-Razi tentang Alkemi yang terbesar di antaranya adalah Kitab Sirr Al-Asrar. Sesuai dengan semangat Ar-Razi yang antihermetis, rahasia di sini bukan misteri mistik, melainkan rahasia keahlian seorang alkemis (ahli alkemi), yang dengan bebas dipaparkan Ar-Razi dalam pembahasannya mengenai bahan, perangkat, dan metode alkemi.

Tujuannya adalah meretas batas-batas yang memisahkan satu bentuk substansi dari substansi lainnya, dengan menggunakan substansi kuat yang akan menembus dan mengubah unsur dasar (substrate), dengan menambahkan atau menghilangkan sifat-sifat spesifik, mengubah logam dasar menjadi emas atau batu menjadi permata. Akan tetapi, Ar-Razi juga menggunakan sebagian dari preparat dalam praktik kedokterannya; dan metode-metodenya sebagai seorang alkemis lebih bernuansa ilmu bedah daripada klenik atau sihir.

Buku-buku tersebut dikelompokkan sebagai berikut: (a) ilmu kedokteran; (b) ilmu fisika; (c) logika; (d) matematika dan astronomi; (e) komentar, ringkasan, dan ikhtisar; (f) filsafat dan ilmu pengetahuan hipotesis; (g) metafisika; (h) teologi; (i) alkimia; (j) ateisme; (k) campuran. Di antara buku-buku Ar-Razi adalah sebagai berikut.
a. At-Tibb Al-Ruhani
b. Ash-Shirat Al-Falsafiyyah
c. Amarat Iqbal Ad-Daulah
d. Kitab Al-Ladzdzah
e. Kitab Al-Ilm Al-Ilahi
f. Maqalah Fi Ma’bad Al-Tabi’ah
g. Al-Hawi Fi Al-Tibb
h. Manshuri
i. Kitab Sirr Al-Asrar
j. Muluki
k. Kitab Al-Jami Al-Kabir
 

Ket. klik warna biru untuk link

Sumber
Hasan, Mustofa. 2015. Sejarah Filsafat Islam; Genealogi dan Transmisi Filsafat Timur ke Barat. Pustaka Setia. Bandung
 

Download

Baca Juga
1. Ar-Razi. Riwayat Hidup
2. Ar-Razi. Filsafat Lima Kekal 
3. Ar-Razi. Filsafat Rasionalis
4. Ar-Razi. Filsafat Moral
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Ar-Razi. Karya Filsafat"