Asal Usul Sosiologi Inggris. Ameliorisme

Asal Usul Sosiologi Inggris Ameliorisme
Teori Sosiologi
Ciri penentu kedua sosiologi Inggris adalah ameliorisme. Itu terkait dengan ekonomi politis tetapi dapat dipisahkan darinya. Ameliorisme adalah keinginan untuk memecahkan masalah-masalah sosial dengan memperbarui para individu. Meskipun para sarjana Inggris mulai mengakui bahwa ada masalah-masalah di dalam masyarakat (misalnya kemiskinan), mereka masih percaya pada masyarakat itu dan ingin melestarikannya. Mereka berhasrat mencegah kekerasan dan revolusi dan memperbarui sistem sehingga pada dasarnya dapat berjalan terus seperti apa adanya. Terutama, mereka ingin mencegah datangnya masyarakat sosialis. Oleh karena itu, seperti sosiologi Prancis dan beberapa cabang sosiologi Jerman, sosiologi Inggris berorientasi konservatif.

Karena para sosiolog Inggris tidak mampu, atau tidak akan, mengusut sumber masalah-masalah seperti kemiskinan pada masyarakat sebagai suatu keseluruhan, sumber itu mestinya terletak pada para individu itu sendiri. Inilah bentuk awal dari apa yang disebut William Ryan (1971) menyalahkan korban. Perhatian banyak dicurahkan kepada deretan panjang masalah-masalah individual—kebodohan, kemiskinan rohaniah, ketidakmurnian, sanitasi yang buruk, kefakiran, kejahatan, dan konsumsi alkohol yang berlebihan—terutama konsumsi alkohol berlebihan (Abrams, 1968:39). Jelas, ada kecenderungan untuk mencari penyebab sederhana untuk semua penyakit sosial, dan sebab yang paling menonjol dari semua sebab lainnya ialah alkoholisme. Alkoholisme menjadi sebab yang sempurna bagi seorang amelioris karena ia merupakan patologi individual, bukan patologi sosial. Para amelioris kekurangan teori mengenai struktur sosial, teori mengenai sebab-sebab sosial dari masalah-masalah individual.


Ket. klik warna biru untuk link

Berikutnya. Asal Usul Sosiologi Inggris. Evolusi Sosial
 

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Download

Baca Juga
Sejarah Perkembangan Sosiologi di Indonesia
 

Sketsa Historis Teori Sosiologis di Tahun-tahun Awal
Kekuatan-Kekuatan Sosial di Dalam Perkembangan Teori Sosiologis
1. Revolusi-revolusi politis
2. Revolusi Industri dan Munculnya Kapitalisme
3. Munculnya Sosialisme
4. Feminisme
5. Urbanisasi
6. Perubahan Agamis
7. Pertumbuhan Ilmu

Sketsa Historis Teori Sosiologis di Tahun-tahun Awal
Kekuatan-kekuatan Intelektual dan Munculnya Teori Sosiologis
1. Pencerahan (Renaissance)
2. Reaksi Konservatif terhadap Pencerahan (Renaissance)
 

Sketsa Historis Teori Sosiologis di Tahun-tahun Awal
1. Perkembangan Sosiologi Prancis dan Jerman
 

Asal Usul Sosiologi Inggris
1. Ekonomi Politis
2. Ameliorisme
3. Evolusi Sosial


Tokoh Kunci di Dalam Sosiologi Awal Italia

Teori Sosiologis Amerika Awal
1. Politik
2. Perubahan Sosial dan Arus Intelektual
3. Pengaruh Herbert Spencer pada Sosiologi
4. Aliran Chicago

Teori Sosiologis Amerika Pertengahan Abad Kedua Puluh
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Asal Usul Sosiologi Inggris. Ameliorisme"