Sistem Politik

Pengertian Sistem Politik
Sistem Politik
Konsep sistem politik merupakan suatu istilah yang mengacu kepada semua proses dan institusi yang mengakibatkan pembuatan kebijakan publik. Perjuangan persaingan kelompok untuk menguasai secara politik adalah suatu aspek yang utama dalam suatu sistem politik. Komponen-komponen yang berikut ini adalah bagian penting dalam suatu sistem politik; ... orang-orang yang diatur, pejabat yang memiliki wewenang / kekuasaan, suatu proses politik (pemilihan), suatu struktur pemerintah, dan suatu proses pembuatan kebijakan. Kekuasaan... mungkin secara luas didistribusikan antarlembaga pemerintahan yang ada atau mungkin pula dipusatkan satu atau beberapa komponen (Gibson, 1965: 565).

Dengan demikian, secara sederhana dalam setiap sistem politik akan mencakup: (1) fungsi integrasi dan adaptasi terhadap masyarakat, baik ke luar maupun ke dalam; (2) penempatan nilai-nilai dalam masyarakat berdasarkan kewenangan; (3) penggunaan kewenangan atau kekuasaan, baik secara sah maupun tidak. Oleh karena itu, berbicara tentang sistem politik pada hakikatnya sama halnya dengan berbicara tentang kehidupan politik masyarakat (social political life) yang bersifat infrastruktur, dan kehidupan politik pemerintah (governmental political life) yang bersifat suprastruktur (Haricahyono, 1991: 93-94).


Ket. klik warna biru untuk link

Download


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Sistem Politik"