Perbudakan

Pengertian Perbudakan
Perbudakan
Pada hakikatnya, konsep perbudakan atau slavery adalah suatu istilah yang menggambarkan suatu kondisi di mana seseorang maupun kelompok tidak memiliki kedudukan dan peranan sebagai manusia yang memiliki hak asasi sebagai manusia yang layak. Konsep perbudakan penting untuk diketahui para peserta didik, mengingat dalam sejarah peradaban manusia, sistem perbudakan tersebut demikian menggejala bahkan merebak hampir di setiap bangsa di dunia, baik itu zaman Yunani-Romawi kuno, Jahiliah Timur Tengah, maupun Penjajahan Samudera dengan penemuan daerah-daerah baru oleh bangsa Eropa yang berimplikasi terhadap merajalelanya perbudakan atas kulit hitam oleh kulit putih, merupakan periode historis yang penting untuk dikenang sebagai manifestasi pelecehan hak asasi manusia terbesar dalam sejarah umat manusia.

Menurut Robert Ross dari University of Leiden bahwa terdapat tiga ciri dalam perbudakan sebagai penanda. Pertama, budak-budak umumnya orang luar yang dibawa secara paksa untuk melayani tuan baru mereka, atau dengan cara tertentu mereka dikeluarkan dari keanggotaan masyarakatnya, misalnya karena berutang atau dihukum karena melakukan tindakan kriminal. Kedua, setidaknya pada generasi pertama, budak adalah komoditas pasar dengan tingkat harga berapa pun, di mana komersialisasi hadir dalam bentuk-bentuk yang dikenal. Dengan kata lain, terdapat spesies kepemilikan, inilah yang membedakan budak melalui bentuk tenaga kerja paksa yang berbeda dengan tenaga kerja lainnya. Ketiga, budak memiliki pekerjaan khusus (yang secara umum adalah pekerjaan-pekerjaan kasar dan rendahan) dalam pembagian kerja secara total (Ross, 2000: 965).


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Perbudakan"