Soal Ulangan Kenaikan Kelas X Tahun Ajaran 2017-2018

Mapel Sosiologi
Kelas X

1. Hakikat proses sosialisasi adalah...
A. Penciptaan nilai-nilai dan norma-norma baru
B. Mempelajari nilai dan norma di dalam masyarakat
C. Penolakan terhadap nilai dan norma dari kelompok masyarakat lain
D. Kebiasaan-kebiasaan individu dalam masyarakat
E. Perpaduan antara nilai di dalam suatu masyarakat

2. Agen sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang individu adalah...
A. Keluarga
B. Teman bermain
C. Sekolah
D. Media cetak
E. Media elektronik

3. Ketua RT mengundang keluarga Pak Hadi sebagai warga baru dalam acara rapat rutin warga RT 01. Dalam rapat tersebut ketua RT menjelaskan beberapa aturan seperti tamu wajib lapor, jam belajar pukul 19.00-21.00, dan larangan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi di lingkungan RT 01. Tujuan sosialisasi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah...
A. Memberi pengetahuan tentang nilai dan norma sosial
B. Menciptakan integrasi antara warga RT 01 dan RT lain
C. Mengurangi kesenjangan antarwarga di lingkungan RT 01
D. Mewariskan nilai dan norma kepada warga pendatang
E. Menjadi teladan RT lain untuk menciptakan kedisiplinan

4. Rini melanjutkan kuliah di Bandung, sedangkan orang tuanya tinggal di Aceh. Ibunya selalu ingin mengetahui kabar Rini. Oleh karena itu, beliau sering menghubungi Rini melalui telepon seluler atau mengirim pesan melalui WhatsApp. Bentuk sosialisasi yang dilakukan ibu dan Rini adalah sosialisasi...
A. Tidak langsung
B. Partisipatoris
C. Sekunder
D. Langsung
E. Represif

5. Orang tua memiliki kewajiban mengajari anaknya berbagai hal, terutama tata tertib. Seorang anak yang diajari tata tertib sejak kecil cenderung menjadi anak yang disiplin dan taat hukum. Tujuan sosialisasi berdasarkan pernyataan tersebut adalah...
A. Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan
B. Mengajarkan cara berkomunikasi verbal secara efektif
C. Membiasakan individu mematuhi nilai dan norma sosial
D. Menciptakan integrasi dalam masyarakat
E. Menumbuhkan kesetiakawanan sosial

6. Febri terpilih menjadi ketua OSIS di sekolahnya. Sejak saat itu ia menjadi lebih bijak dan tegas dalam menyelesaikan permasalahan organisasi. Ia selalu memiliki ide yang solutif dan mudah diterima oleh teman-temannya. Media sosialisasi organisasi OSIS tersebut bagi Febri berfungsi sebagai...
A. Ajang berkompetisi antarindividu dalam organisasi
B. Sarana mencari kawan sebagai pelengkap kebutuhan persahabatan
C. Pembentuk kepribadian yang tanggap terhadap masalah kelompok
D. Sarana menciptakan kondisi sosial yang stabil dalam masyarakat
E. Sarana mencari pemimpin melalui pemilihan yang adil

7. Sosialisasi dilakukan untuk menanamkan nilai dan norma sosial kepada anggota masyarakat. Pernyataan yang menunjukkan contoh sosialisasi represif ialah...
A. Fina diberi sanksi oleh perusahaan karena mangkir bekerja selama sehari
B. Bu Risma mengajari peserta didik menari tarian tradisional setiap hari Sabtu
C. Pak Budi menghubungi anaknya yang berada di luar kota melalui video call
D. Tio dan teman-temannya membersihkan lingkungan kelas sesuai jadwal piket
E. Kapolres melakukan sosialisasi cara-cara melindungi diri dari aksi pembegalan

8. Perhatikan indikator berikut
1) Anak mampu melaksanakan peran yang seharusnya dilakukan dalam masyarakat
2) Anak mulai meniru perilaku orang dewasa meskipun belum sempurna
3) Anak mulai mengenal nilai dan norma sosial melalui orang tua
4) Anak mampu memahami dirinya sendiri
5) Anak telah dewasa dan mengetahui tentang kehidupan bermasyarakat
Ciri tahap persiapan (preparatory stage) dalam sosialisasi ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

9. Pak Irwan mengenalkan budaya daerah kepada peserta didiknya. Beliau menjelaskan setiap daerah memiliki budaya berbeda. Sebagai generasi muda, peserta didik wajib menjaga dan melestarikan budaya daerah. Tujuan sosialisasi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah...
A. Membantu individu beradaptasi dengan budaya lain
B. Memberi petunjuk untuk mewujudkan integrasi sosial
C. Mewariskan nilai dan norma sosial kepada generasi penerus
D. Mencegah terjadinya perilaku menyimpang dalam masyarakat
E. Memberi kebebasan kepada masyarakat untuk memilih kebudayaan

10. Perhatikan indikator berikut
1) Anak mulai menyadari bahwa lingkungan menuntut dirinya untuk memahami nilai dan norma seperti yang diajarkan orang tua
2) Anak mulai mengenal lingkungan hidupnya, orang tua, dan masyarakat sekitar
3) Anak dapat meniru perilaku orang dewasa
Indikator tersebut menunjukkan pembentukan kepribadian pada tahap...
A. Generalized stage
B. Preparatory stage
C. Significant others
D. Game stage
E. Play stage

11. Rita anak seorang pengusaha kaya. Ia sekolah di SMA favorit di kotanya. Ketika bergaul ia hanya memilih teman yang kaya. Sepulang sekolah, Rita dan teman-temannya selalu nongkrong di kafe. Perilaku tersebut menyebabkan prestasi belajar Rita menurun. Ilustrasi tersebut menunjukkan pengaruh media sosialisasi terhadap perkembangan kepribadian yaitu...
A. Membentuk kepercayaan diri rendah
B. Menyebabkan seseorang merasa tertekan
C. Menyebabkan seseorang berperilaku hedonis
D. Memberi kesempatan untuk berprestasi
E. Membentuk kepribadian yang supel dan ramah

12. Seorang anak asisten rumah tangga memiliki sifat rajin dan tekun belajar. Ia pun berhasil menyelesaikan kuliah hingga jenjang S2. Ia dihormati oleh masyarakat karena berhasil meningkatkan status sosial keluarganya. Ilustrasi tersebut menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara status sosial dan...
A. Kepribadian
B. Pendidikan
C. Ketekunan
D. Keturunan
E. Kerajinan

13. Sepulang sekolah Tito selalu membantu ibunya menjual surat kabar di persimpangan lampu merah. Tindakan tersebut dilakukan untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga karena ayahnya telah meninggal. Berdasarkan tahap perkembangan diri, proses sosialisasi yang dialami Tito termasuk tahap generalized other karena...
A. Mampu melakukan sesuatu yang dilakukan orang lain
B. Menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang berlaku
C. Mampu memahami peran yang dilakukan dalam masyarakat
D. Menjalin hubungan sosial hanya dengan lingkungan terdekat
E. Mempersiapkan diri untuk mengenal dunia melalui interaksi

14. Ina selalu memperoleh sanjungan dari manajer karena hasil pekerjaannya selalu memuaskan. Selain itu, Ina menjadi karyawan yang supel dan ramah sejak menjabat sekretaris. Padahal ketika awal masuk perusahaan Ina dikenal sebagai karyawan yang pendiam dan pemalu. Media sosialisasi yang berperan mengubah kepribadian Ina adalah...
A. Keluarga
B. Lingkungan kerja
C. Kelompok bermain
D. Lingkungan sekolah
E. Lingkungan masyarakat

15. Sebagai peserta didik yang disiplin, Wuri selalu mengumpulkan tugas tepat waktu. Wuri tidak ingin diberi hukuman oleh guru karena terlambat mengumpulkan tugas. Ilustrasi tersebut menunjukkan proses sosialisasi terjadi pada tahap game stage yaitu...
A. Mulai memahami dirinya dan meniru perilaku orang tua
B. Menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat
C. Mulai memahami peran dan peraturan yang berlaku
D. Meniru perilaku orang dewasa secara lebih sempurna
E. Memiliki pendapat sendiri dalam memecahkan masalah

16. Beberapa polwan bekerja sama dengan pihak sekolah mengadakan sosialisasi tentang pelecehan seksual terhadap anak. Pihak sekolah turut mengundang orang tua peserta didik dalam sosialisasi tersebut. Sosialisasi tersebut diikuti peserta didik, orang tua, dan guru. Tujuan sosialisasi berdasarkan uraian tersebut adalah...
A. Mengarahkan orang tua dan guru untuk mencegah anak bergaul dengan teman di luar sekolah
B. Mengembangkan sikap waspada orang tua, guru, dan peserta didik terhadap pelecehan seksual
C. Membantu peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan masyarakat
D. Membentuk kepribadian peserta didik yang aktif dan pemberani
E. Mengajarkan pendidikan karakter sesuai usia peserta didik

17. Redo merupakan mahasiswa tingkat akhir yang belum menyelesaikan skripsinya. Ia menjadi pemalas sejak mengenal Joni yang sering mengajaknya nongkrong dan mabuk-mabukan. Akibatnya, skripsinya terbengkalai dan Redo terancam drop out. Dampak sosialisasi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah...
A. Mengubah kebiasaan buruk seseorang
B. Mempererat interaksi sosial antarindividu
C. Menyebabkan seseorang berperilaku menyimpang
D. Membantu individu beradaptasi dengan lingkungan
E. Merusak norma kesopanan yang berlaku dalam masyarakat

18. Perhatikan ilustrasi berikut
Masyarakat Jawa Barat memiliki ragam seni dan budaya. Untuk menjaga kelestarian budaya, pemerintah daerah Jawa Barat memasukkan mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Adapun materi yang diajarkan di antaranya tarian tradisional, lagu daerah, dan bahasa daerah.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, sosialisasi yang dilakukan pemerintah bertujuan agar generasi muda...
A. Menjaga integrasi antarkelompok
B. Memahami nilai-nilai budaya daerah
C. Menjaga hubungan sosial masyarakat
D. Menjaga perilaku sesuai harapan pemerintah
E. Menjaga keteraturan hidup dalam masyarakat

19. Pada awal tahun ajaran peserta didik baru wajib mengikuti kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD). Kegiatan tersebut biasanya diselenggarakan oleh OSIS. Melalui kegiatan tersebut, peserta didik dapat mengenal lingkungan, teman, dan guru-guru baru. Peserta didik juga dikenalkan dengan berbagai peraturan yang berlaku. Selain itu, peserta didik diharapkan memiliki sikap tertib dan disiplin dalam mematuhi peraturan. Media sosialisasi yang digunakan untuk menanamkan nilai dan norma berdasarkan uraian tersebut adalah...
A. Kelompok bermain
B. Lingkungan kerja
C. Media massa
D. Keluarga
E. Sekolah

20. Salah satu peran orang tua dalam keluarga ialah mengarahkan anak menjadi pribadi yang baik. Ketika anak melakukan kesalahan, orang tua wajib menasihati. Anak juga wajib menghormati orang tua. Bentuk sosialisasi tersebut termasuk sosialisasi...
A. Primer
B. Otoritatif
C. Sekunder
D. Ekualitatif
E. Tidak langsung

21. Bu Santi mengajari Rika tentang upacara adat yang berlaku di daerahnya. Tindakan ini dilakukan agar Rika lebih memahami dan mengenal fungsi upacara adat dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan sosialisasi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah...
A. Menciptakan integrasi dalam keluarga
B. Mencegah terjadinya perilaku menyimpang
C. Membentuk kepribadian sesuai kebudayaan
D. Menciptakan integrasi sosial antarkelompok
E. Membantu individu beradaptasi dengan masyarakat lain

22. Banyak anak kecil bermain menjadi polisi atau menjadi dokter. Ia belum memahami alasan polisi menangkap penjahat atau dokter memeriksa pasien. Tahap perkembangan diri anak pada ilustrasi tersebut digolongkan play stage karena...
A. Anak mulai menempatkan diri pada posisi orang lain
B. Anak dapat meniru perilaku dengan lebih sempurna
C. Anak mulai menyadari peraturan yang berlaku
D. Peran yang dilakukan anak mulai berkurang
E. Anak mulai bersiap mengenal dirinya

23. Penyimpangan primer adalah penyimpangan sosial yang...
A. Hanya merugikan diri sendiri
B. Bersifat sementara
C. Terjadi pada masyarakat kelas bawah
D. Melibatkan orang dalam jumlah banyak
E. Dilakukan terus-menerus

24. Semua bentuk pengendalian sosial berisi pencegahan terhadap terjadinya gangguan-gangguan pada keserasian antara kepastian dengan keadilan, disebut pengendalian sosial...
A. Preventif
B. Represif
C. Persuasif
D. Koersif
E. Efektif

25. Contoh penyimpangan dalam bentuk gaya hidup adalah...
A. Narkotika dan penipuan
B. Kolusi dan korupsi
C. Korupsi dan manipulasi
D. Arogan dan eksentrik
E. Arogan dan kolusi

26. Demi mencukupi kebutuhan hidupnya, Bu Atik menjadi kuli panggul di pasar. Bu Atik menawarkan jasa mengangkat barang belanjaan para pembeli. Ia mengangkat barang dengan mengandalkan kekuatan tubuhnya. Berdasarkan sifatnya, penyimpangan sosial yang dilakukan Bu Atik termasuk jenis penyimpangan...
A. Individual
B. Sekunder
C. Kolektif
D. Negatif
E. Positif

27. Tawuran pelajar masih menjadi rapor merah bagi dunia pendidikan. Pelajar melakukan tawuran di luar jam sekolah dan masih mengenakan seragam sekolah. Perilaku tersebut dapat merusak nama baik sekolah. Berdasarkan sifatnya, tawuran pelajar digolongkan sebagai penyimpangan negatif karena...
A. Memiliki dampak bersifat membangun masyarakat
B. Mengarah pada tindakan pelanggaran individu
C. Masih mendapat toleransi dari masyarakat
D. Melanggar nilai dan norma serta tidak ditoleransi masyarakat
E. Memiliki sifat cenderung temporer

28. Perhatikan contoh berikut
1) Ketua RT menganjurkan warga agar menjauhi tindak kriminal
2) Pencuri yang tertangkap basah dihakimi oleh massa sampai babak belur
3) Aparat kepolisian memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba
4) Para pedagang kaki lima digusur secara paksa oleh petugas satpol PP
5) Guru BK menyosialisasikan peraturan sekolah kepada peserta didik baru
Contoh pengendalian sosial bersifat persuasif ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

29. Maraknya sinetron bertema geng motor menyebabkan banyak remaja bergabung dengan geng motor dan meniru kebiasaannya. Geng motor biasanya melakukan kegiatan yang bersifat negatif seperti balap liar dan berkelahi. Oleh karena itu, banyak orang tua membatasi anaknya menyaksikan tayangan tersebut dan mencegah bergaul dengan geng motor. Tujuan pengendalian sosial tersebut adalah...
A. Memberdayakan masyarakat sebagai penjaga keamanan
B. Menciptakan tertib lingkungan melalui norma sosial
C. Memanfaatkan orang tua sebagai pengendali keamanan
D. Mengurangi beban tugas aparat kepolisian
E. Membangun karakter anak sejak dini

30. Peserta didik kelas XII akan mengikuti ujian sekolah. Akan tetapi, Ani merasa kurang memahami materi pelajaran yang akan diujikan. Melihat teman-teman membuat sontekan, Ani mengikuti perilaku tersebut. Perilaku menyimpang Ani disebabkan oleh...
A. Pelampiasan rasa kecewa
B. Sosialisasi tidak sempurna
C. Kegagalan dalam berteman
D. Proses belajar menyimpang
E. Kegagalan menyerap norma

31. Setelah semalaman begadang menyaksikan pertandingan sepak bola, Rio tidak dapat menahan rasa kantuk ketika pelajaran berlangsung. Akibatnya, Rio tertidur di kelas. Rio dibangunkan oleh Pak Guru dan diminta mencuci muka agar tidak mengantuk dan dapat memperhatikan pelajaran. Perilaku Rio tersebut dikategorikan sebagai penyimpangan primer karena...
A. Dapat ditoleransi oleh guru dan teman
B. Dianggap mengganggu aktivitas belajar di kelas
C. Dilakukan secara berulang-ulang
D. Telah direncanakan sebelumnya
E. Dilakukan secara sengaja

32. Bagus memperoleh peringatan dari ketua program studi di kampus karena belum dapat menyelesaikan kuliahnya dalam waktu yang telah ditentukan. Oleh karena tidak menghiraukan peringatan tersebut, ketua program studi mengancam akan menjatuhkan sanksi drop-out (DO) kepada Bagus. Bentuk pengendalian sosial yang dilakukan ketua program studi tersebut adalah...
A. Intimidasi dan pengucilan
B. Pengucilan dan ejekan
C. Teguran dan intimidasi
D. Pengucilan dan gosip
E. Gosip dan celaan

33. Perhatikan beberapa contoh perilaku berikut
1) Dino belum memperoleh pekerjaan karena suka bermalas-malasan
2) Berjudi dan mabuk-mabukan masih menjadi kebiasaan rutin bagi sebagian warga masyarakat
3) Sekelompok gelandangan terpaksa merampok minimarket karena kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari
4) Banyak anak jalanan terpaksa mengemis hanya untuk membeli sebungkus makanan
5) Seorang kakek rela mencuri demi membiayai sekolah cucunya
Perilaku menyimpang akibat dorongan kebutuhan ekonomi ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

34. Andi selalu dinasihati orang tuanya agar berperilaku baik kepada siapa saja. Akan tetapi, sejak pindah ke ibu kota, Andi memperoleh teman baru yang nakal dan suka minum minuman keras. Sejak mengenal teman-teman barunya tersebut, Andi melupakan nasihat orang tuanya untuk tidak berperilaku negatif. Akibatnya, Andi terjerumus perbuatan menyimpang. Perbuatan menyimpang Andi disebabkan oleh...
A. Penyerapan nilai secara tidak maksimal
B. Perpindahan lokasi tempat tinggal
C. Pengaruh mental yang tidak sehat
D. Sosialisasi subbudaya menyimpang
E. Disorganisasi dalam keluarga

35. Perhatikan beberapa gejala sosial berikut
1) Polisi memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba
2) Orang tua bercerita kepada anak-anaknya tentang dampak negatif merokok
3) Aparat kepolisian melakukan penggerebekan para pengguna narkoba
4) Ketua RT menyampaikan tata tertib jam wajib belajar malam
5) Para pengedar narkoba yang tertangkap polisi dimasukkan ke penjara
Upaya pengendalian sosial secara preventif ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

36. Sebelum memasuki masa bekerja, setiap karyawan baru di sebuah perusahaan akan melalui tahap pelatihan (job training). Dalam pelatihan tersebut setiap karyawan diperkenalkan dengan berbagai peraturan kantor yang harus ditaati oleh semua karyawan. Setiap pelanggaran terhadap peraturan kantor akan diberi sanksi yang berbeda. Misalnya, terlambat masuk kantor lebih dari tiga kali dalam sebulan akan mendapat surat peringatan (SP). Realitas ini menunjukkan bahwa peraturan dalam perusahaan merupakan sarana pengendalian sosial yang bertujuan...
A. Menanamkan rasa takut agar tidak melakukan pelanggaran di lingkungan kantor
B. Menanamkan rasa malu kepada karyawan yang melakukan pelanggaran
C. Memberikan imbalan (reward) bagi karyawan yang menaati norma
D. Mengurangi keyakinan karyawan terhadap nilai dan norma
E. Mengarahkan karyawan untuk mematuhi norma kesopanan

37. Satpam memeriksa seluruh pengunjung pusat perbelanjaan untuk menghindari kemungkinan pengunjung membawa benda-benda yang dapat membahayakan keselamatan orang lain. Sebagai bagian dari sistem keamanan, tujuan tindakan satpam tersebut adalah...
A. Melaksanakan prosedur pekerjaan
B. Mencegah konflik antarpetugas keamanan
C. Menyita barang bawaan pengunjung
D. Memenuhi kebutuhan rasa aman
E. Menjalankan perintah atasan

38. Perhatikan pernyataan berikut
1) Seorang ayah mencopet untuk membiayai sekolah anaknya
2) Oknum pejabat melakukan korupsi untuk memperkaya diri sendiri
3) Joni suka berjudi karena mengikuti kebiasaan di lingkungan rumahnya
4) Toni suka mengonsumsi minuman keras setelah bergaul dengan geng motor
5) Andi sering terlibat tawuran setelah pindah sekolah
Perilaku menyimpang yang disebabkan oleh sosialisasi subkebudayaan menyimpang ditunjukkan oleh angka
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

39. Bentuk perilaku menyimpang yang disebabkan oleh sosialisasi tidak sempurna ditunjukkan oleh pernyataan...
A. Bagas setiap hari nongkrong di pinggir jalan karena mengikuti kebiasaan geng motor
B. Alisa menjadi pembangkang karena orang tuanya sering bertengkar
C. Didi menjadi berandal akibat bergaul dengan kelompok yang suka berkelahi
D. Berjudi masih menjadi kebiasaan rutin bagi sebagian warga Desa Gayam
E. Kardi menjadi orang miskin karena malas bekerja

40. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memberantas narkoba. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi antinarkoba di setiap sekolah. Sosialisasi antinarkoba termasuk upaya pengendalian sosial. Fungsi pemerintah dalam pengendalian sosial tersebut adalah...
A. Melakukan rehabilitasi melalui Badan Narkotika Nasional (BNN)
B. Melakukan tinjauan ulang terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba
C. Mencegah peserta didik menyalahgunakan zat adiktif
D. Mengurangi jumlah pengguna narkoba di daerah
E. Menyusun undang-undang penggunaan zat adiktif

41. Fenomena anak jalanan di Indonesia masih sering dijumpai terutama di kota-kota besar. Anak jalanan tidak hanya bekerja sebagai pengamen dan peminta-minta di jalan. Ada pula anak jalanan yang melakukan tindakan kriminal seperti mencuri, merampok, dan memalak uang orang lain agar dapat melanjutkan hidup. Faktor penyebab perilaku menyimpang tersebut adalah...
A. Sosialisasi tidak sempurna
B. Pemberian julukan (labelling)
C. Dorongan kebutuhan ekonomi
D. Pengaruh negatif media massa
E. Sosialisasi subkebudayaan menyimpang

42. Perilaku menyimpang sekunder ditunjukkan oleh pernyataan...
A. Pak Beno sengaja menggelapkan uang milik perusahaan untuk kebutuhannya sendiri
B. Dino datang terlambat mengikuti upacara sehingga dinasihati oleh guru
C. Susi lupa mengenakan helm ketika mengendarai sepeda motor
D. Joko tidak mengenakan seragam sekolah karena basah
E. Yulia membolos sekolah karena bangun kesiangan

43. Pada tahun ajaran baru peserta didik SMA Taruna masih beradaptasi dengan lingkungan dan peraturan sekolah. Masih banyak peserta didik yang melakukan pelanggaran seperti tidak mengenakan sepatu hitam bertali, berpakaian tidak rapi, dan menggunakan aksesori berlebihan. Oleh karena itu, guru BK sering melakukan operasi mendadak untuk menegakkan peraturan sekolah. Pengendalian sosial pada kasus tersebut berfungsi...
A. Membentuk karakter peserta didik yang inovatif
B. Mewujudkan solidaritas antarpeserta didik di sekolah
C. Menciptakan keterampilan dan kecerdasan peserta didik
D. Membentuk sikap peserta didik yang tertib dan taat peraturan
E. Menciptakan kehidupan dinamis di lingkungan sekolah

44. Peraturan yang telah dibuat oleh pihak berwenang merupakan salah satu sarana pengendalian sosial. Apabila terdapat anggota masyarakat yang melanggar peraturan akan mendapatkan sanksi. Pemberian sanksi tersebut termasuk jenis pengendalian sosial represif yang bertujuan...
A. Mengembalikan keserasian yang pernah terganggu
B. Mengendalikan masyarakat dengan kekerasan
C. Membentuk pola interaksi baru dalam masyarakat
D. Menciptakan kaidah baru dalam masyarakat
E. Mencegah terjadinya disintegrasi sosial

45. Perhatikan contoh perilaku menyimpang berikut
1) Beberapa pemuda mabuk dan menjambret pengendara sepeda motor di jalan
2) Seorang bendahara melakukan penggelapan uang perusahaan
3) Para tamu undangan pernikahan menikmati makanan dengan posisi berdiri
4) Penipuan oleh suatu organisasi berkedok penyalur bantuan bencana alam
5) Sena terlambat datang ke sekolah karena bangun kesiangan
Perilaku menyimpang berupa tindak kriminal ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

46. Sofia merupakan seorang penyanyi terkenal di desanya. Setiap tampil di panggung, ia mengenakan pakaian minim. Masyarakat menganggap pakaian yang dikenakan Sofia tidak sesuai nilai dan norma sosial. Oleh karena itu, masyarakat menggunjing Sofia. Fungsi pengendalian sosial dalam kasus tersebut adalah...
A. Mempertebal keyakinan terhadap nilai dan norma
B. Menanamkan nilai dan norma secara berulang-ulang
C. Menjatuhkan hukuman terhadap pelaku penyimpangan sosial
D. Menanamkan rasa malu kepada pelaku penyimpangan sosial
E. Menciptakan sistem hukum untuk mengatur perilaku masyarakat

47. Berdasarkan pelakunya, penyimpangan sosial dibedakan menjadi dua jenis yaitu penyimpangan individual dan kolektif. Penyimpangan kolektif ditunjukkan oleh pernyataan...
A. Kawanan perampok ditangkap polisi setelah melakukan aksinya
B. Kepala unit bagian produksi menjadi tersangka penggelapan uang perusahaan
C. Pak Tarjo dikenai sanksi penjara karena mencuri barang berharga milik tetangga
D. Pak Subarjo sering tidak mengikuti kegiatan gotong royong bersama warga RT 02
E. Danu tidak ingin bergaul dengan teman-temannya yang miskin

48. Perhatikan dampak berikut
1) Stabilitas sosial dalam masyarakat terganggu
2) Muncul rasa malu dan menyesal
3) Nilai dan norma sosial memudar
4) Timbul ancaman terhadap keamanan dan kenyamanan hidup
5) Muncul tekanan mental akibat sanksi pelanggaran
Dampak penyimpangan sosial bagi masyarakat ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

49. Perhatikan kutipan artikel berikut

Fungsi pengendalian sosial berdasarkan kasus tersebut adalah...
A. Menciptakan sistem hukum lebih kuat untuk mengatur masyarakat
B. Mengembangkan keyakinan masyarakat terhadap norma sosial
C. Memberikan imbalan atau penghargaan kepada masyarakat
D. Mengembalikan nilai dan norma sosial sesuai kondisi semula
E. Memberikan petunjuk mengenai tingkah laku yang benar

50. Janu berasal dari keluarga broken home. Ia sering mengonsumsi minuman keras dan melakukan tindakan yang melanggar peraturan. Faktor utama penyebab perilaku menyimpang yang dilakukan Janu adalah...
A. Kurangnya pengawasan dari masyarakat
B. Lingkungan sosial budaya yang berbeda
C. Tidak adanya sanksi hukum yang tegas
D. Sosialisasi subbudaya menyimpang
E. Proses sosialisasi tidak sempurna


Ket. klik warna biru untuk link

Download Soal di Sini
Kunci Jawaban di Sini 

Lihat Juga
Materi Sosiologi
1. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
Soal-Soal Lain
1. Soal Pendalaman Materi Klik di Sini dan Sini
2. Soal Uji Kompetensi Klik di Sini 
Media Pembelajaran
1. Power Point 1
2. Power Point 2 
3. Video Penunjang 

2. Perilaku Menyimpang
Soal-Soal Lain
1. Soal Pendalaman Materi Klik di Sini dan Sini
2. Soal Uji Kompetensi Klik di Sini 
Media Pembelajaran
1. Power Point 1
2. Power Point 2
3. Video Penunjang 

3. Pengendalian Sosial 
Soal-Soal Lain
1. Soal Evaluasi Semester Genap Klik di Sini, Sini, dan Sini
2. Soal Pendalaman Materi Klik di Sini
3. Soal Uji Kompetensi Klik di Sini 
Media Pembelajaran
1. Power Point 1
2. Power Point 2
3. Video Penunjang
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Ulangan Kenaikan Kelas X Tahun Ajaran 2017-2018"