Teori Psikologi Perkembangan. Jean Jacques Rousseau

Teori Psikologi Perkembangan Jean Jacques Rousseau
Jean Jacques Rousseau
Jean Jacques Rousseau merupakan ahli pendidikan beraliran liberal yang menjadi pendorong pembelajaran discovery. Rousseau mulai mengadakan kajian pada 1800 an. Menurut Rousseau, perkembangan anak terbagi menjadi empat tahap, yaitu:
1) Masa bayi/infancy (0-2 tahun)
Usia 0-2 adalah masa perkembangan fisik. Kecepatan pertumbuhan fisik lebih dominan dibandingkan perkembangan aspek lain, sehingga anak pada masa ini disebut sebagai binatang yang sehat.

2) Masa anak/childhood (2-12 tahun)
Masa antara 2-12 tahun disebut masa perkembangan sebagai manusia primitif. Masih terjadi perkembangan fisik yang pesat, aspek lain sebagai manusia juga mulai berkembang, misalnya kemampuan berbicara, berpikir, intelektual, moral, dll.

3) Masa remaja awal/pubescence (12-15 tahun)
Masa usia 12-15 tahun, disebut masa remaja awal/pubescence, ditandai dengan perkembangan pesat intelektual dan kemampuan bernalar juga disebut masa bertualang.

4) Masa remaja/adolescence (15-25)
Usia 15-25 tahun disebut masa remaja/adolescence. Pada masa ini terjadi perkembangan pesat aspek seksual, sosial, moral, dan nurani, juga disebut masa hidup sebagai manusia beradab.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Teori Psikologi Perkembangan. Jean Jacques Rousseau"