Materi Ujian Nasional Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian

Manfaat Hasil Penelitian
Manfaat Hasil Penelitian
D. Manfaat Hasil Penelitian
Penelitian sosial dilakukan untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat. Oleh karena itu, hasil penelitian memberi banyak manfaat bagi berbagai pihak
1. Manfaat Hasil Penelitian bagi Berbagai Pihak
a. Manfaat penelitian bagi peneliti, yaitu mampu mengembangkan ilmu dan keterampilan yang dimilikinya, mempertanggungjawabkan hasil penelitian baik kepada pribadi maupun orang lain, dapat meningkatkan jenjang karier, dan menjadi referensi penelitian relevan bagi ilmuwan lainnya.

b. Manfaat penelitian bagi pemerintah, yaitu memberikan pertimbangan dalam mengambil kebijakan dan memberikan solusi dalam memecahkan masalah sosial.

c. Manfaat penelitian sosial bagi pelajar, yaitu dapat meningkatkan kepekaan sosial, mengembangkan kreativitas, berlatih menganalisis, dan mendiskusikan hasil penelitian.

d. Manfaat penelitian bagi ilmu pengetahuan, yaitu menambah khazanah ilmu pengetahuan.

e. Manfaat penelitian bagi masyarakat, yaitu dapat memberi masukan dan strategi pemecahan masalah. Bagi masyarakat umum, hasil penelitian dapat memberikan informasi terpercaya, objektif, dan up to date.

2. Manfaat Mengomunikasikan Hasil Penelitian
Laporan hasil penelitian perlu dikomunikasikan/dipublikasikan. Misalnya melalui presentasi, seminar/diskusi publik, dan diterbitkan dalam bentuk jurnal ataupun buku. Dengan demikian, hasil penelitian dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Manfaat kegiatan mengomunikasikan hasil penelitian yaitu meningkatkan keikutsertaan/partisipasi dalam kegiatan diskusi ilmiah, menumbuhkan sikap kritis, menyediakan media untuk mengembangkan gagasan, meningkatkan kecakapan komunikasi, dan memberi informasi baru bagi masyarakat.


Ket. klik warna biru untuk link

1. Download di Sini 
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian Klik di Sini
3. Video Materi Ujian Nasional Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian Klik di Sini
4. Soal-Soal Klik di Sini
5. Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Manfaat Hasil Penelitian Klik di Sini
6. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian Klik di Sini
7. Materi Pengayaan Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Materi Ujian Nasional Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian"