Pengertian Modernisasi Menurut Ahli

Pengertian Modernisasi Menurut Ahli
Modernisasi
Istilah modernisasi, dengan kata dasar modern, berasal dari bahasa Latin, yaitu modo (cara) dan ernus (masa kini). Jadi secara harfiah, modernisasi artinya proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Di dalam modernisasi terjadi perubahan sosial dan budaya. Walaupun kita teramat sering mendengar kata modernisasi, namun perlu dipaparkan beberapa pengertian kata tersebut menurut beberapa ahli, di antaranya:
1. Johan Willem Schoorl, modernisasi merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. Aspek yang paling menonjol dalam proses modernisasi adalah perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang tinggi.

2. Wilbert E. Moore, modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama dalam bidang teknologi dan organisasi sosial dari yang tradisional ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang didahului oleh negara-negara Barat yang telah stabil.

3. Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang.

4. Astrid S. Susanto, modernisasi adalah suatu proses pembangunan yang memberikan kesempatan ke arah perubahan demi kemajuan.

5. Ogburn dan Nimkoff, modernisasi adalah suatu usaha untuk mengarahkan masyarakat agar dapat memproyeksikan diri ke masa depan yang nyata dan bukan pada angan-angan semu.

6. Soerjono Soekanto, Modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial. Biasanya merupakan perubahan sosial yang terarah (directed change) dan didasarkan suatu perencanaan (social palnning).

7. Wijoyo Nitisastro, Modernisasi adalah suatu proses transformasi total dari kehidupan bersama yang bersifat tradisional (pra modern) dalam arti teknologi suatu organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomi dan politis.

8. Abdul Syam, Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat.

9. Alex Thio, Modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial berupa perubahan masyarakat pertanian menjadi masyarakat industri.

10. Harold Rosenberg, Modernisasi adalah sebuah tradisi baru yang mengacu pada urbanisasi atau sampai sejauh mana dan bagaimana pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat berlangsung.

Modernisasi bukanlah westernisasi atau pun sekularisasi. Westernisasi berasal dari kata west yang berarti Barat. Dengan demikian westernisasi berarti pembaratan, yaitu peniruan perilaku seperti yang dilakukan orang-orang di negara Barat (Eropa dan Amerika). Orang yang kebarat-baratan belum tentu modern. Modernisasi lebih pada peniruan atau pengambilan teknologi Barat tanpa harus bergaya hidup seperti Barat. Modernisasi juga tidak sama dengan sekularisasi. Sekularisasi adalah suatu proses pemisahan antara nilai-nilai keagamaan dan nilai-nilai duniawi dengan penekanan pada kepentingan duniawi. Jadi, sekularisasi merupakan semacam ideologi yang menganggap bahwa hidup ini adalah semata-mata untuk kepentingan dunia. Untuk orang Indonesia yang religius, sekulerisme sulit diterima.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Baca Juga
1. Konteks Sosial yang Melahirkan Penyimpangan Modernisme
2. Corak Kesadaran Modern
3. Peradaban
4. Feminisme
5. Liberalisme
6. Konservatisme 
7. Westernisasi
8. Sekularisasi
9. Konsumerisme
10. Kolonialisme
11. Ekspansi pasar global dan krisis solidaritas
12. Globalisasi, partikularisasi, dan krisis solidaritas
13. Politik identitas di era globalisasi
14. Diferensialisme kultural
15. Hibridisasi kultural/kreolisasi/glokalitas
16. Kapitalisme transnasional
17. Konvergensi kultural
18. Dari imperialisme menuju neoimperialisme
19. Proses-proses sosial sistem kapitalisme
 

Materi Sosiologi yang Berkaitan 
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Modernisasi Menurut Ahli"