Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengolahan data

Bimodus : Distribusi yang memiliki dua modus.

Coding (koding) : Kegiatan memberikan kode pada setiap data yang terkumpul di setiap instrumen. Tujuannya untuk memudahkan analisis dan penafsiran data.

Data nonstatistik : Pengolahan data-data kualitatif.

Data statistik : Pengolahan data-data kuantitatif.

Editing : Proses memeriksa data yang sudah terkumpul, meliputi kelengkapan isian, keterbacaan tulisan, kejelasan jawaban, relevansi jawaban, keseragaman satuan data yang digunakan, dan sebagainya.

Hubungan asimetris : Jenis hubungan antarvariabel di mana variabel yang satu berhubungan dengan variabel lainnya namun bukan merupakan timbal balik.

Hubungan simetris : Jenis hubungan dalam permasalahan asosiatif di mana variabel yang satu tidak disebabkan atau dipengaruhi oleh yang lainnya.

Hubungan timbal balik (resiprokal) : Apabila dua variabel saling mempengaruhi secara timbal balik (dua arah).

Interval kelas : Jarak antara nilai tertinggi dengan nilai terendah.

Mean (rata-rata hitung) : Nilai rata-rata. Jumlah semua nilai yang terjadi dalam distribusi dibagi atas jumlah pengamatan.

Median : Nilai tengah dalam sebuah kelompok nilai yang sudah diurutkan dari nilai yang terkecil menuju yang terbesar.

Modus (mode) : Nilai yang mempunyai frekuensi tertinggi dalam sekelompok data atau nilai yang paling banyak muncul dalam suatu kelompok data.

Multimodus : Distribusi yang memiliki lebih dari dua modus.

Pengolahan data : Proses menganalisis dari data-data yang didapat dengan menggunakan pendekatan pengetahuan secara teoretis dan praktis.

Pertanyaan semiterbuka : Pertanyaan yang sebagian jawabannya sudah ditentukan, tetapi masih ada kemungkinan bagi responden untuk memberikan jawaban lainnya.

Pertanyaan terbuka : Pertanyaan yang jawabannya belum ditentukan dan responden bebas memberikan jawaban.

Pertanyaan tertutup : Pertanyaan yang diajukan mempunyai alternatif jawabannya sehingga responden tinggal memilih jawaban yang diinginkan.

Range (jarak) : Panjang interval yang memperlihatkan batas bawah dan batas atas nilai pengamatan.

Statistik deskriptif : Statistik yang membicarakan tentang penyusunan data dalam daftar dan pembuatan grafik yang tidak menyangkut penarikan kesimpulan.

Statistik inferensial : Statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel, dan hasilnya akan digeneralisasikan (diinferensikan) untuk populasi dari mana sampel diambil.

Tabel frekuensi : Tabel yang menyajikan berapa kali suatu hal terjadi.

Tabel silang (tabulasi silang) : Tabel yang dibuat dengan cara memecahkan setiap satuan data dari setiap kategori menjadi dua atau lebih sub satuan.

Tabulating : Penyusunan menurut lajur yang telah tersedia; penyampaian data dalam bentuk tabel atau daftar untuk memudahkan pengamatan dan evaluasi.

Unimodus : Distribusi yang hanya memiliki satu modus.


Ket. klik warna biru untuk link

Download Kamus Istilah di Sini

Lihat Juga 
1. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Rancangan penelitian sosial
2. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengumpulan  Data 
3. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Laporan Penelitian
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengolahan data"