Kamus Istilah Sosiologi. Materi Sosiologi sebagai Ilmu Tentang Masyarakat

Asosiasi diferensial/diferential association : Kelompok yang menerapkan nilai dan norma yang berbeda.

Eksternalisasi : Proses pembentukan pengetahuan latar belakang yang tersedia untuk dirinya serta untuk orang lain.

Empiris : Ilmu yang mendasarkan diri pada observasi akal sehat, serta hasilnya tidak bersifat spekulatif, tetapi pada kenyataan di lapangan.

Fakta sosial : Pola-pola atau sistem yang memengaruhi cara manusia bertindak, berpikir, dan merasa. Fakta sosial tersebut berada di luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa atau mengendalikan individu tersebut

Ilmu murni (pure science) : Suatu ilmu yang bertujuan mendalami teori untuk memajukan atau memperkaya khasanah ilmu tersebut.

Ilmu terapan (applied science) : Ilmu pengetahuan yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah praktis, sehingga dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Internalisasi (internalization) : Proses penyerapan nilai-nilai dan norma-norma oleh masyarakat; proses belajar untuk beradaptasi terhadap keadaan, kondisi, dan lingkungan.

Kumulatif : Teori-teori yang disusun berdasarkan teori-teori yang sudah ada atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori lama.

Masalah sosial : Ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial atau menghambat terpenuhinya keinginan-keinginan pokok sosial tersebut sehingga akan menyebabkan kepincangan ikatan sosial.

Masalah sosial laten : Laten=Terpendam, tersembunyi. Masalah laten=hal-hal yang berlawanan dengan nilai-nilai masyarakat, akan tetapi tidak diakui demikian.

Masalah sosial nyata (manifest) : Masalah sosial yang timbul sebagai akibat terjadinya kepincangan-kepincangan dalam masyarakat.

Masyarakat : Kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat tertentu yang bersifat kontinu.

Metode Kualitatif : Metode penelitian yang berupa deskripsi hasil penelitian berdasarkan penilaian-penilaian terhadap data yang diperoleh.

Metode Kuantitatif : Metode penelitian dengan analisis data yang berupa angka-angka atau gejala-gejala yang diukur melalui uji statistik.

Nonetis : Tidak mempersoalkan baik dan buruk, tetapi memperjelas kajian/masalah secara lebih dalam, mengabaikan nilai yang dimiliki oleh data tersebut, baik atau buruknya, pantas atau tidaknya.

Realitas sosial : Kenyataan yang dapat dilihat dalam kehidupan manusia yang terwujud sebagai hasil hubungan yang terjalin di antara sesama manusia

Sosiologi : Ilmu pengetahuan yang objek studinya adalah masyarakat. Sosiologi memusatkan kajiannya pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok itu sendiri. Istilah sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Socius (bahasa Latin) berarti kawan dan logos (bahasa Yunani) berarti kata atau bicara. Dengan demikian, ilmu sosiologi berarti ilmu yang berbicara mengenai masyarakat.

Teoretis : Hasil observasi yang disusun secara logis dan bertujuan menjelaskan hubungan sebab akibat.

Tindakan sosial : Pola tindakan manusia yang dilaksanakan berdasarkan sistem nilai dan sistem norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.


Ket. klik warna biru untuk link

Download Kamus Istilah di Sini

Lihat Juga
1. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Nilai dan Norma Sosial
2. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Interaksi Sosial
3. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
4. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Penyimpangan Sosial
5. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengendalian Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kamus Istilah Sosiologi. Materi Sosiologi sebagai Ilmu Tentang Masyarakat"