George Ritzer. Teori Globalisasi of Nothing

Teori Globalisasi of Nothing George Ritzer
George Ritzer
Saat ini keberadaan teori globalisasi begitu banyak menghiasi khazanah keragaman teori-teori sosiologi. Sebagai contoh, teori globalisasi Kellner tentang Techno-Capitalism, Anthony Giddens tentang Runaway Word Globalization, Zygmunt Bauman tentang Konsekuensi Globalisasi, George Ritzer tentang Globalization of Nothing, Arjun Appadurai tentang Teori Landscape, dan lain-lain.

Dalam tulisan Ritzer yang berjudul The Globalization of Nothing (2004), maupun Modern Sociological Theory atau Teori Sosiologi Modern (2004:595-597) George Ritzer dan Douglas J. Goodman, mengemukakan bahwa:
a. Pengertian nothing oleh Ritzer secara umum adalah bentuk yang dibayangkan dan dikontrol secara sentral yang sebagian besar adalah kosong dari isi yang berbeda (distingtive). Jadi, nothing berarti bukan sesuatu, yakni sesuatu bukan akibat dari sesuatu yang lain maka globalisasi pada hakikatnya menyebarkan nothing ke seluruh pelosok dunia.

b. Namun sebaliknya, sesuatu (something) dipahami sebagai bentuk yang dibayangkan dan dikontrol secara indigenous yang umumnya kaya dalam isi yang berbeda. Dengan demikian, lebih mudah untuk mengekspor bentuk-bentuk kosong ke seluruh dunia daripada mengekspor bentuk-bentuk yang penuh dengan isi yang berbeda. Karena bentuk-bentuk yang kosong lebih kecil, kemungkinan berkonflik dengan isi-isi lokal. Selain itu, bentuk-bentuk yang kosong karena minimalis, mereka mudah bereplikasi terus-menerus dan lebih menguntungkan karena reproduksinya relatif murah. Dalam hal ini, misalnya yang mudah kita kenal adalah mall perbelanjaan, merupakan struktur yang sebagian besar kosong dan mudah bereplikasi ke seluruh dunia serta dapat diisi dengan barang yang spesifik atau diisi something.

c. Secara keseluruhan, ada empat tipe nothing yang sebagian ataupun semuanya kosong dari isi yang distingtif, namun sedang mengglobal, yaitu,
1) Nonplaces atau setting yang sebagian besar kosong dari isi, misalnya mall seperti yang telah disebutkan di atas
2) Nonthings, seperti kartu kredit, di mana tidak banyak berbeda dengan yang lain
3) Nonpeople, atau jenis karyawan yang diasosiasikan, misalnya telemarketer yang berinteraksi dengan konsumen dengan mengandalkan scripts
4) Nonservis, misalnya yang disediakan oleh ATM di mana pelayanan yang disediakan sama, konsumen mengerjakan sesuatu untuk mendapatkan layanannya, hal itu berbeda dengan karyawan teller bank

d. Dalam membedakan nothing dengan something, nonplaces dengan places, nonpeople dengan people, nonservices dengan services, terdapat lima hal yang dapat dilakukan. Kutub sebelah kiri dari perbedaan ini adalah ujung dari kontinum sesuatu (something), sedangkan yang kanan adalah ujung bukan sesuatu (nothing).
1) Unique Generic. Jadi, hal-hal yang unik dapat dikatakan something. Misalnya, apa yang dinamakan kedai dan kafe lokal. Hal-hal yang berhubungan dengan makanan dan pelanggannya berada pada ujung unik. Sedangkan gerai rantai fast-food jelas merupakan contoh yang bersifat generik.

2) Local-Ties-Lack of Local Ties. Jika sesuatu itu memiliki keterikatan dengan komunitas lokal cenderung diasosiasikan dengan something, sedangkan kurangnya ikatan semacam itu diasosiasikan dengan nothing.

3) Temporally Specific-Timeless. Segala sesuatu yang terikat dengan ruang, hal-hal yang terikat dengan periode waktu tertentu cenderung menjadi something, sedangkan yang terikat dengan waktu tertentu cenderung menjadi nothing.

4) Humanized-Dehumanized. Beberapa aktivitas yang banyak memuat interaksi antarmanusia cenderung menjadi something, sedangkan yang kurang interaksi dengan manusia itu cenderung nothing, seperti konsep dehumanisasi.

5) Enchanted-Disenchanted. Rentangan ini cenderung mengumpulkan semua yang sudah ada. Yang merupakan something cenderung memiliki kualitas dan daya magis yang memikat, sedangkan yang nothing lebih memungkinkan bersifat tidak begitu memikat. Dengan demikian, makanan yang dibuat sendiri oleh ahlinya, memungkinkan akan lebih diminati dan menarik daripada makanan yang dapat dimasak dalam microwave untuk makan malam.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber.
Supardan, Dadang. 2009. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta.


Lihat Juga
Globalisasi Of Nothing George Ritzer (Youtube Channel. https://youtu.be/3jIzCA3FrQM ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. George Ritzer. Biografi
2. Paradigma dalam Sosiologi
3. Paradigma Sosiologi. Terpadu
4. Teori-Teori Konsumsi
5. Konvergensi Kultural
6. Teori-Teori Globalisasi
7. Diferensialisme Kultural
8. Hibridisasi Kultur
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "George Ritzer. Teori Globalisasi of Nothing"