Empedokles. Ajaran Mengenai Pengenalan

Ajaran Mengenai Pengenalan Empedokles
Empedokles
Empedokles menerapkan teorinya tentang keempat anasir di bidang biologi dan fisiologi. Oleh karenanya, ia memainkan peranan dalam sejarah ilmu kedokteran. Dalam konteks uraian ini teori-teori itu tidak begitu penting bagi kita. Akan tetapi anggapan Empedokles tentang pengenalan sebagian tergantung pada teori-teori tentang biologi dan fisiologi. Anggapan itu boleh disinggung di sini, karena agak besar pengaruhnya dalam filsafat Yunani selanjutnya.

Empedokles menerangkan pengenalan berdasarkan prinsip bahwa yang sama mengenal yang sama. Itu berarti bahwa tanah dalam diri kita mengenal air, air mengenal air dan seterusnya. Karena alasan ini Empedokles berpendapat bahwa darah merupakan alat pemikiran, sebab darah dianggap sebagai campuran sempurna dari keempat anasir. Terutama darah paling murni yang mengelilingi jantung, mempunyai peranan sebagai alat pemikiran.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini


Sumber.

Bertens, K. 1999. Sejarah Filsafat Yunani. Kanisius. Yogyakarta

Baca Juga
1. Empedokles. Biografi dan Karya
2. Empedokles. Penyucian-Penyucian
3. Empedokles. Ajaran Mengenai Keempat Anasir
4. Empedokles. Ajaran Mengenai Cinta dan Benci
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Empedokles. Ajaran Mengenai Pengenalan"