Daniel Bell. Ramalan Sosial

Ramalan Sosial Daniel Bell
Ramalan Sosial
Social forecasting, Daniel Bell
Usaha-usaha teoritis yang dilakukan Daniel Bell merupakan upaya untuk menangani masalah-masalah sosiologis dengan maksud menjembatani kesenjangan antara sosiologi akademis dan disiplin-disiplin humanistis. Dia menangani topik yang menyangkut kelelahan ide-ide politik sekitar tahun lima puluhan (Bell, 1960); melihat pada konsekuensi-konsekuensi masa depan berbagai keputusan kebijakan negara, mengetahui sebelumnya masalah-masalah masa depan, dan memulai rencana penyelesaian-penyelesaian alternatif sehingga masyarakat lebih banyak memiliki pilihan serta bisa membuat pilihan-pilihan moral (Bell, 1976). Walau setiap karya itu menggunakan kerangka sosiologis Daniel Bell, tetapi sasaran utamanya lebih ditujukan pada analisa sosial ketimbang teori sosial yang abstrak. Sebagaimana Mills dan Etzioni, Bell juga terikat pada sosiologi yang relevan, yaitu sosiologi yang siap memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan berskala-luas.

Pendekatan sosiologis yang khusus dari Bell ini dikenal sebagai ramalan sosial (social forecasting). Ramalan sosial menggabungkan perspektif makroteoritis, yang merupakan bagian dari perspektif sosiologi klasik, dengan minat yang diperbaharui dalam sosiologi yang relevan dan bermanfaat, yang membicarakan kondisi-kondisi masa kini. Bell (1973) membedakan ramalan sosial dengan usaha-usaha prediksi sosiologi yang lebih awal. Prediksi menyangkut hasil peristiwa-peristiwa (seperti siapa yang akan menang dalam pemilihan umum atau yang kalah perang), prediksi yang demikian itu tidak dapat diformalisir—dalam arti tidak dapat ditundukkan pada hukum-hukum (Bell, 1973:3-4). Di pihak lain, ramalan sosial mencoba membuat garis besar peringkat kemungkinan dari berbagai kecenderungan historis. Hal ini hanya mungkin bilamana terdapat keteraturan dan keajegan fenomena atau terdapat kecenderungan kuat yang arahnya dapat disajikan dalam seritempo secara statistik dirumuskan sebagai kecenderungan-kecenderungan historis. Menurut Bell ramalan sosial hanya mungkin bila orang dapat menerima adanya suatu tingkat rasionalitas yang tinggi di kalangan mereka yang bisa mempengaruhi persitiwa-peristiwa (Bell, 1973:4).

Akan tetapi, dalam situasi nyata rasionalitas yang demikian jarang terjadi. Hal ini terutama berlaku dalam lapangan politik, di mana banyak terdapat privilege dan prasangka, bukannya perilaku rasional yang konsisten, yang menandai peristiwa-peristiwa manusia. Bila halnya demikian, apa sebenarnya manfaat dari peramal-peramal sosial itu? Menurut Bell, Walaupun mereka tidak mampu meramalkan hasil-hasil, tetapi dapat memperinci berbagai rintangan atau batas-batas di mana berbagai keputusan kebijakan dapat lebih diefektifkan (1973:4). Dengan demikian perincian rintangan-rintangan tersebut merupakan tugas dari ramalan sosial itu.

Di samping ramalan sosiologis terdapat juga bentuk ramalan-ramalan lain. Misalnya, ramalan teknologis yang mengidentifikasi berbagai rintangan dalam pengembangan teknologi; ramalan demografis yang mengetengahkan ramalan statistik kependudukan; ramalan ekonomi, termasuk survai sederhana mengenai pasar, pembentukan ideks harga konsumen, tingkat pengerjaan dan lain sebagainya yang berfungsi sebagai indikator kegiatan dunia usaha; dan ramalan politik yang berkenaan dengan kecenderungan dalam dunia politik. Perbedaan terpenting di antara berbagai tipe ramalan tersebut ialah; ramalan sosial yang mempergunakan variabel-variabel sosiologis (bukannya variabel politik, teknologi, ekonomi, dan demografi) sebagai variabel independen yang memengaruhi perilaku berbagai variabel lain. Contoh dapat ditemukan dalam usaha mempertautkan indikator-indikator sosial (seperti tingkat kejahatan dan jumlah pendidikan) dalam model sosiologis, sebagaimana yang ditunjukkan oleh analisa sosio-historis Democracy in America karya Tocqueville atau teori sosio-ekonomi Max Weber mengenai birokratisasi dan proses perembesan rasionalisasi.

Dua risalat Bell yang terakhir, The Coming of Post Industrial Society (1973) dan The Cultural Contradictions of Capitalism (1976), masing-masing dapat dianggap sebagai contoh ramalan sosialnya. Dalam kata pengantar buku The Cultural Contradictions of Capitalism, Bell (1976:xi) secara singkat mengetengahkan saling kaitan antara kedua karya itu.

Dalam buku The Coming of Post-Industrial Society, Bell (1973:13) terutama membicarakan konsekuensi-konsekuensi politik dan struktur sosial masyarakat post-industri. Dalam buku The Cultural Contradictions of Capitalism (1976:10), Bell membicarakan bagian analitis yang ketiga dari masyarakat, yaitu kebudayaan. Kedua buku itu bersama-sama mengetengahkan model masyarakat dan teori sosiologi Daniel Bell.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber.
Poloma, Margaret M. 1979. Sosiologi Kontemporer. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.


Baca Juga
1. Pengertian Postmodernisme
2. Daniel Bell. Masyarakat Postindustri
3. Daniel Bell. Kontradiksi Kultural Kapitalisme
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Daniel Bell. Ramalan Sosial"