Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 6. Pengolahan Data (KTSP)

Pengolahan Data Hasil Penelitian
Pengolahan Data
Tujuan Pembelajaran
Dengan mempelajari bab ini, Anda diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan tahap-tahap pengolahan data
2. Menjelaskan pengorganisasian data
3. Menjelaskan pengolahan data
4. Mendeskripsikan jenis hubungan data

Setelah menyusun rancangan penelitian dan melakukan pengumpulan data, langkah ketiga dalam penelitian sosial adalah pengolahan atau analisis data. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis. Proses tersebut bertujuan untuk menyederhanakan data lapangan yang kompleks ke dalam bentuk yang lebih mudah untuk dibaca. Untuk dapat melakukan pengolahan data diperlukan dua kegiatan, yaitu editing (meneliti atau memeriksa data yang telah dikumpulkan) dan coding (pengkodean).

Peta Konsep Pengolahan Data Penelitian
Peta Konsep Pengolahan Data Penelitian
A. TAHAP-TAHAP DALAM MEMPERSIAPKAN ANALISIS DATA
Dalam memulai pengolahan data, ada beberapa persiapan. Tahap persiapan ini terdiri dari dua kegiatan besar, yakni editing dan coding (pengkodean)
1. Editing
Kegiatan editing adalah kegiatan meneliti atau memeriksa kembali data yang telah dikumpulkan dari lapangan. Dalam mengedit, hal-hal yang harus diperhatikan dari sebuah data adalah sebagai berikut.
a. Memeriksa nama dan kelengkapan identitas pengisi
b. Mengecek kelengkapan data
c. Mengecek macam isian data

2. Coding
Coding atau pengkodean adalah usaha mengklasifikasikan jawaban responden menurut macamnya. Tujuannya adalah menyederhanakan jawaban responden sehingga dapat diolah. Biasanya usaha pengkodean dilakukan dengan memberi simbol atau angka pada jawaban responden. Simbol atau angka inilah yang kita sebut kode.

B. MENGORGANISASIKAN DATA
Setelah melakukan editing dan coding langkah selanjutnya adalah mengorganisasikan (mengelompokkan) data. Data-data yang telah diberi kode, kemudian dimasukan dalam tabel pengolahan, baik berupa tabel frekuensi maupun tabel silang. Dengan demikian, data dari lapangan akan tampak lebih sederhana, ringkas, dan mudah dipahami.

C. MENGOLAH DATA
Setelah melakukan pengorganisasian data atau proses tabulasi, langkah selanjutnya adalah mengolah data. Umumnya, cara pengolahan data terdiri dari dua cara, yakni cara statistik dan non statistik. Cara statistik biasa digunakan untuk data yang bersifat kuantitatif, sedangkan cara nonstatistik biasa digunakan untuk data kualitatif. Namun, tidak jarang keduanya digunakan bersama-sama dalam sebuah penelitian.

1. Pengolahan data secara statistik
Pengolahan data secara statistik mempunyai dua fungsi. Pertama, membantu peneliti melukiskan dan merangkum hasil pengumpulan datanya. Statistik seperti ini disebut statistik deskriptif. Kedua, membantu meramalkan kesimpulan untuk suatu populasi yang lebih besar dari sekumpulan data yang diselidiki. Statistik seperti ini disebut statistik inferensial. Pada bagian ini, kita hanya mempelajari jenis statistik pertama, yakni statistik deskriptif.
Pengolahan data dengan statistik deskriptif dapat dilakukan dengan distribusi frekuensi dan ukuran tendensi sentral.
a. Distribusi frekuensi, Data yang dikumpulkan dari hasil penelitian disusun secara sistematis agar dapat diolah dengan mudah.

b. Ukuran tendensi sentral, data disusun dengan mencari suatu bilangan yang mewakili keseluruhan satuan data. Ukuran tendensi sentral yang sering digunakan adalah mean (rata-rata hitung), modus (mode), dan median
1) Mean (rata-rata hitung)
Mean disebut juga nilai rata-rata. Mean merupakan hasil bagi antara jumlah seluruh nilai dengan jumlah unit yang diamati.

2) Modus
Modus (mode) ialah nilai data yang memiliki frekuensi tertinggi dalam suatu distribusi. Modus (mode) berguna sebagai alat distribusi (gambaran) yang cepat tapi kasar.

3) Median
Median adalah suatu nilai yang membagi data yang telah diurutkan ke dalam dua bagian yang sama besar. Atau disebut juga nilai tengah

2. Pengolahan Data Secara Non-statistik
Adalah cara mengolah data-data kualitatif. Hasil pengolahan data ini langsung dapat diambil tanpa menggunakan instrumen statistik. Langkah-langkah yang harus diperhatikan adalah cara mereduksi data, menyajikannya, kemudian mengambil kesimpulan.
a. Reduksi data. Reduksi data adalah proses mengubah rekaman data ke dalam fokus, kategori, atau pokok permasalahan tertentu.


b. Penyajian data. Penyajian data adalah menampilkan data dengan cara memasukkan data ke dalam sejumlah matriks yang diinginkan.
 

c. Pengambilan kesimpulan. Pengambilan kesimpulan adalah mencari kesimpulan atas data yang direduksi dan disajikan tadi.

D. JENIS HUBUNGAN DATA
Setelah mengolah data, langkah selanjutnya menganalisis atau menginterpretasikan data tersebut. Dalam tahap ini yang harus diketahui adalah jenis hubungan data. Ada beberapa jenis hubungan data yang perlu diketahui oleh seorang peneliti dalam menganalisis atau menginterpretasikan data yang telah diolah. Jenis-jenis hubungan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Hubungan Simetris; Apabila sebuah variabel berhubungan dengan variabel yang lain, tetapi variabel tersebut bukan disebabkan oleh variabel yang pertama, hubungan demikian dinamakan hubungan simetris. Hubungan simetris terjadi apabila kedua variabel merupakan akibat dari suatu faktor yang sama.

2. Hubungan Asimetris; Apabila sebuah variabel berhubungan dengan variabel yang lain tetapi hubungan tersebut tidak timbal balik, hubungan itu disebut asimetris.

3. Hubungan Timbal Balik (Resiprokal); Apabila kedua variabel saling memengaruhi secara timbal balik (dua arah), hubungan tersebut disebut hubungan timbal balik. Dengan kata lain, variabel x memengaruhi variabel y dan sebaliknya, y memengaruhi x. Dalam hubungan ini, kita tidak tahu mana sebab dan mana akibat.


Ket. klik warna biru untuk link

Sumber.
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2012. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII. Esis Erlangga. Jakarta

Muin, Idianto. 2006. Sosiologi SMA/MA untuk Kelas XII. Erlangga. Jakarta


Download Materi di Sini

Lihat Juga
1. Video Pengolahan dan Analisis Data Penelitian (Revisi) (Youtube Chanel. https://youtu.be/NHhxhlt_iTY ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
2. Video Tentang Pengolahan dan Analisa Data (Youtube Chanel. https://youtu.be/7j6C2yBhqCQ ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Soal-Soal
1. Soal Pendalaman Materi Klik di Sini
2. Soal Uji Kompetensi Klik di Sini

Soal-Soal Lain
1. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Pengolahan dan Interpretasi Data Penelitian Klik di Sini
2. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Pengolahan dan Analisis Data Klik di Sini
3. Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas XII Bab 5. Pengolahan Data Klik di Sini
4. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Pengolahan Data Penelitian Klik di Sini
   
Media
1. Power Point 1
2. Power Point 2 
3. Video Penunjang

e-Book
1. Elisanti. Titin Rostini. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
2. Bondet Wrahatnala. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
3. Ruswanto. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
4. Bagja Waluya. Sosiologi Kelas XII. Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat
5. Aman Nur Hidayah. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
6. Suhardi. Sri Sunarti. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
 

Pengayaan
1. Pokok Bahasan Sosiologi
2. Pengambilan Sampel dari Populasi Tak-Terhingga dan Tak-Jelas
3. Metode-Metode dalam Sosiologi
4. Manfaat Penelitian Sosiologis Bagi Pembangunan
5. Konsep-Konsep Sosiologis sebagai Alat Analisa
6. Jenis-Jenis Penelitian Sosial
7. Jenis-Jenis Metode Penelitian Sosiologi dan Contohnya
8. Pengambilan Sampel dari Populasi Tak-Terhingga dan Tak-Jelas

Kamus
1. Kamus Sosiologi
2. Glosarium Sosiologi. Materi Kelas XII
3. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengolahan Data Penelitian

Teori-Teori Sosiologi Relevan Materi
1. Biografi dan Autobiografi Tokoh-Tokoh Sosiologi
2. Konstruksi Teoretis Teori-Teori Sosiologi
3. Polemik Internal Teori-Teori Sosiologi
4. Teori-Teori Sosiologi dari Klasik, Kontemporer, dan Postmodern

Teori-Teori Filsafat Relevan Materi
1. Biografi Filsuf
2. Aliran-Aliran Filsafat
3. Teori-Teori Filsafat dari Yunani, Modern, dan Postmodern
4. Teori-Teori Cultural Studies

Artikel Terkait Lainnya
1. Artikel Sosiologi Terkait Materi
2. Pengetahuan Umum Terkait Materi
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 6. Pengolahan Data (KTSP)"